oleh

Di Kota Ini, PDIP Kesulitan Bendung Mantan Napi Sukamiskin

Mantan Walikota Manado Jimmy Rimba Rogi saat mendaftar di KPU Manado, pada tahapan Pilkada 2015 silam. Foto: Dokumen Radar Manado

MANADO–Mantan Walikota Manado Jimmy Rimba Rogi (Imba) hampir pasti diusung Partai Golkar pada Pilkada 2020 nanti. DPD I Golkar Sulawesi Utara mengakui sulitnya menolak harapan simpatisan dan masyarakat yang meminta Imba kembali bertarung di Pilkada Manado.

Pernyataan resmi Ketua Golkar Sulut Christiany Eugenia Tetty Paruntu (CEP) mengenai kemungkinan pencalonan Imba memantik optimisme dan semangat juang simpatisan Imba. Dalam sebuah press conference beberapa waktu lalu, CEP mengisyaratkan Golkar akan mengusung Imba di Pilkada Kota Manado 2020 nanti. “Siapapun kader Golkar yang mau bertarung, saya dukung. Begitupun dengan Pak Jimmy Rogi untuk Pilwako Manado,” tegas CEP.

Ketua Golkar Sulut Christiany Tetty Paruntu dan Jimmy Rimba Rogi

Isyarat CEP dalam pengamatan sejumlah kader berdampak pada soliditas mesin partai. “Imba itu, simbol Golkar Sulut. Restu CEP, membuat semua kader dan simpatisan menemukan kepastian bahwa Golkar akan berjaya lagi. Spirit kami berdenyut kuat, ketika Imba diberi mandat lagi. Karena memang dia yang dirindukan masyarakat,” komentar pengurus Golkar Manado Refly Sanggamele, Selasa (4/7/2019), di Manado.
Tokoh pemuda Sulut Hairil Paputungan menilai, kepastian mandat Golkar ke Imba membuat suhu politik Manado makin memanas. Perkiraan sementara, panggung kompetisi Pilkada Manado menjadi gelanggang adu taktik PDIP yang menguasai kursi parlemen (10 kursi DPRD Manado,red) dengan Golkar yang berada di peringkat 3 (5 kursi) pada Pemilu Legislatif 17 April 2019 lalu.
Bukan tidak mungkin, PDIP yang tengah menimang sosok James Sumendap, Andre Angouw dan Roy Roring akan mendapat lawan yang superviver, yakni Imba. Bahkan kata dia, PDIP kesulitan membendung arus dukungan ke Imba.

Hairil Paputungan (kiri) dan Jimmy Rimba Rogi

“PDIP bisa untung di Pemilu Legislatif 2019, dengan 10 kursi di DPRD dari total 40 kursi. Tapi, Pilkada beda dengan Pileg.  Animo pemilih lebih merujuk pada figur bukan partai politik,” mantan Pemimpin Redaksi Harian Posko itu.

Mengenai Imba, simpatisan tidak mempersoalkan masalah hukum di masa lalu. “Sistem politik kita sudah terbukti figur yang tersandung masalah hukum mendapat mandat rakyat lagi. Misalnya, Bupati Minahasa Utara Vonny Panambunan dan Bupati terpilih Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut. Itu berarti ada program kerakyatan pada kepemimpinan di masa lalu yang membekas di nurani masyarakat. Semua kembali pada kerinduan rakyat,” jelas Paputungan.

Diketahui Imba merupakan mantan napi Tipikor yang menjalankan masa hukuman di LP Cipinang. Pada Pilkada 2015 silam, ribuan massa menjemput Imba di Bandara Sam Ratulangi Manado. Massa yang datang dari berbagai lapisan usia meminta Imba harus mendaftarkan diri sebagai Calon Walikota Manado dari Golkar, berpasangan dengan calon Wakil Walikota Boby Daud dari PAN.
Sayangnya usai KPU Manado menetapkan kontestan Pilkada, pasangan Imba-Boby dianulir karena alasan administrasi Imba yang masih berstatus Pembebasan Bersyarat (PB).

Imba di mata warga, adalah mantan walikota yang gagah dan berani membenahi wajah Kota Manado di masa kepemimpinannya (2005-2010). Pada masanya, dia populer dengan pengembangan iven olahraga, penataan pasar, hak pedestrian, penataan PKL termasuk membangun kejayaan Golkar Sulawesi Utara. Kursi kepala-kepala daerah dan pimpinan DPRD tak beranjak dari tangan Golkar. Dalam sejarah Pilkada, Golkar tak sekali memberi ruang ke PDIP untuk memimpin di dua kota, yakni Manado dan Tomohon. Hingga Imba terjebak persoalan APBD yang menyeretnya ke LP Cipinang lalu LP Sukamiskin.

“Rakyat Manado sudah pada cerdas. Mampu memisahkan urusan masa lalu dan harapan di masa depan. Masa lalu Imba, dia sudah selesaikan. Yang rakyat mau, model kepemimpinan mengelola kota yang saat ini sulit dibenahi sosok yang lain,” kata anggota Fraksi Golkar di DPRD Manado Sony Lela. (HK)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed