oleh

Gandeng Sehan, Golkar Sulut Wujudkan Semangat Kemajemukan

-Politik, sulut-51 views
Bakal calon Gubernur-Wakil Gubernur Sulut Dr Christiany Eugenia Tetty Paruntu SE – Sehan Salim Landjar SH (CEP-SSL). Foto: Istimewa

Manado, FAKTA88.com —
Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) Sulawesi Utara bermaksud koalisi di Pilkada 2020. Ramai diberitakan, dua partai politik ini mengusung pasangan Ketua DPD Golkar Sulut Dr Christiany Eugenia Tetty Paruntu SE – Ketua DPW PAN Sulut Sehan Salim Landjar SH (CEP-SSL) sebagai bakal calon Gubernur-Wakil Gubernur Sulut.

Duet ini dalam pandangan peneliti politik Sulut Fred Beny Sumual SIP, merupakan upaya mewujudkan nilai pluralitas atau kemajemukan. CEP-SSL dinilai tengah menghidupkan simpul keberagaman yang sedang dirajut anak bangsa hingga saat ini.

“Paslon ini (CEP-SSL), tidak harus dipandang sebagai kolaborasi berbasis etnis semata. Tapi pasangan yang membawa pesan kebersamaan dan keberagaman. Nilai kebhinekaan yang menjadi rule model baik bagi daerah-daerah lain. Karena bangsa kita dalam kondisi membutuhkan semangat pluralitas yang kokoh,” ungkap Sumual, kepada FAKTA88.com, Sabtu (1/8/2020), di Manado.

Lanjut Sumual, Sulut sebenarnya menyerupai Indonesia mini. Fakta kemajemukan itu ada. Agama, suku, bahasa, kultur amat beragam. Dan itu kata Sumual, menjadi landasan pembangunan bangsa dalam kebersamaan.

“Kalau kita memahami isu kemajemukan atau kebersamaan sebagai landasan yang sangat krusial, nilai yang terus dihidupkan bangsa kita, hari ini Golkar dan CEP-SSL menjawab dengan nyata di depan masyarakat Sulut. Mereka sedang merajut kebersamaan, nilai kebangsaan yang tak bisa ditukar dengan apapun. CEP-SSL adalah paslon yang menjawab krisis kemajemukan bangsa,” tandas Sumual.

Diketahui, Golkar memiliki 7 kursi di DPRD Sulut. Sementara PAN 2 kursi. Dengan jumlah 9 kursi, Golkar-PAN sudah aman mengusung CEP-SSL di Pilkada Sulut.

Selain Ketua DPD Golkar Sulut, CEP adalah Bupati Minahasa Selatan (Minsel) dua periode. Ia merenggut aneka penghargaan dan prestasi yang berderet di catatan Pemkab Minsel.

Sedangkan SLL adalah Ketua DPW PAN Sulut yang juga Bupati Bolmong Timur dua periode. Kepada daerah yang sempat menggemparkan Tanah Air melalui pernyataan keras mengenai mekanisme Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos RI yang menurutnya terlalu berbelit-belit. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed