oleh

Pilkada 2020 : Kontestasi Terberat Petahana, Ini Penjelasan Mendagri

-Nasional-49 views
Mendagri Tito Karnavian. Foto: Istimewa

Jakarta, FAKTA88.com — Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengakui adanya kerawanan dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di tengah pandemi Covid-19. Namun kontestasi politik kali ini, bagi dia, bisa menjadi tantangan sekaligus peluang.

Menurutnya, sebanyak 220 petahana diperkirakan akan bersaing. Dia menilai persoalan penanganan Covid-19 dan dampak sosial ekonominya berpotensi menjadi isu sentral.

“Ini akan menjadi pertaruhan oleh para kandidat termasuk nonpetahana juga bisa mencari untuk kontestasi tentang keberhasilan atau tidak keberhasilan dari petahana,” kata Tito dalam Rapat Dengar Pendapat di Komisi II DPR RI, Kamis (12/6).

“Kami kira kalau ini bisa setting sedemikian rupa isunya, menjadi isu Covid-19 dan dampak sosial ekonominya, justru dengan adanya Pilkada ini, para kepala daerah akan bekerja keras untuk melandaikan kurva masing-masing,” lanjutnya.

Jika kurvanya merah dan meningkat, ujar Tito, maka hal itu menjadi bahan bagi lawannya untuk melancarkan serangan.

“Sehingga ada peluang bagi kita untuk memaksa pimpinan dan semua pihak untuk menurunkan kurva penularan,” jelasnya. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed